Cara Budidaya Cacing Tanah dan Perawatannya Agar Hasil Menguntungkan

- 8 Desember 2022, 12:41 WIB
Cara Budidaya Cacing Tanah  dan Perawatannya Agar Hasil Menguntungkan
Cara Budidaya Cacing Tanah dan Perawatannya Agar Hasil Menguntungkan /Pexels/Sippakorn Yamkasikorn/

KILAS KLATEN - Budidaya cacing sangat menguntungkan, banyak oarang membutuhkan cacing untuk pakan peliharaanya seperti burung, ikan, reptil, dan bisa sebagai umpan untuk memancing ikan.

Cara budidaya cacing bagi pemula mungkin akan kesulutasn dalam mencobanya. Dibawah ini akan dibahas mengenai cara budidaya cacing yang benar dan hasil melimpah.

Ternak cacing tidak memebutuhkan waktu lama dan hanya memerlukan sedikit perawatan dalam menjaga media tanah agar tetap lembab.

Cacing selalu terus banyak dicari para kalangan pemelihara burung, ikan, dll. sebagai makanan pelharaannya.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Terpal Hasil Melimpah Lengkap Beserta Tips Perawatan

Berikut cara budidaya cacing bagi pemula hasil melimpah dan tips perawatannya tanpa ribet.

1. Menyiapkan Media Ternak

Pertama-tama yang harus kamu siapkan adalah dengan menyiapkan medianya. Kamu hanya perlu menyiapkan kotak atau sebuah box dengan ukuran kira-kira 90 x 50 x 36 cm. Kemudian, isi dengan tanah yang lembab. Pemilihan tanah juga harus tepat, yaitu tanah humus. Dimana tanah ini memang tempat tinggal cacing tanah. 

Apabila dari segi nutrisi tanah tidak begitu bagus, kamu bisa menambahkan sedikit pupuk kompos atau pupuk kandang secukupnya. Isilah tanah hingga ketinggian sekitar 5 cm hingga 10 cm saja. Kemudian letakan di tempat yang tidak terkena matahari langsung. Hal ini ditujukan agar tanah tetap terjaga kelembabannya dan tidak kering. 

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x