Takut Ketipu dan Rugi Belanja Online? Begini Tips Aman Belanja Online

- 8 Desember 2022, 20:30 WIB
Takut Ketipu dan Rugi Belanja Online? Begini Tips Aman Belanja Online
Takut Ketipu dan Rugi Belanja Online? Begini Tips Aman Belanja Online /pixabay.com/ PreisKing

KILAS KLATEN – Kini berbelanja yang dahulu hanya bisa diilakukan dengan mendatangi langsung atau menelfon shopping channel di televisi, sekarang dapat dilakukan dengan hanya melalui ponsel.

Hadirnya berbagai platform dengan banyak sekali kemudahan tentunya membuat masyarakat menjadi suka dan sering berbelanja secara online.

Tetapi dibalik semua hal tersebut, ternyata ada hal lain yang terjadi seperti tidak mengetahui atau memahami platform yang digunakan.

Atau bermasalah dengan kurir pengantar paket, ada juga yang tiba-tiba terkena penipuan yang tanpa disadari bersumber dari kegiatan belanja online.

Baca Juga: Bagaimana Cara Cek dan Identifikasi Link Palsu dalam Modus Penipuan Phising Online?

Berikut beberapa tips berbelanja secara online :

· Melihat dan memeriksa paket saat menerima barang

Jika tidak membeli barang secara COD, maka ketika barang telah sampai, rekam video unboxing atau membuka bungkus kemasan hingga menunjukan barang didalamnya, karena apabila tidak sesuai maka video tersebut dapat dijadikan bukti bahwa barang yang dikirim tidak sesuai dan bisa ditukar atau dikembalikan ke penjual.

· Hindari hutang berlebihan dari sistem Paylater

Beberapa waktu terakhir berbagai platform belanja membuat fitur baru yaitu Paylater, dimana pengguna dapat membeli biasanya sesuai jumlah nilai dari Paylater dan bisa dibayar sesuai dengan ketentuan yang dipilih.

Halaman:

Editor: Masruro

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x