ASITA Prediksi Libur Lebaran 2023 Jadi Puncak Tertinggi Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi

- 3 Maret 2023, 10:44 WIB
Ilustrasi - ASITA Prediksi Libur Lebaran 2023 Jadi Puncak Tertinggi Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi
Ilustrasi - ASITA Prediksi Libur Lebaran 2023 Jadi Puncak Tertinggi Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi /Ross Sneddon/Unsplash

KILAS KLATEN - Libur lebaran tahun 2023 diprediksi akan menjadi puncak tertinggi pemulihan dan peningkatan ekonomi pasca pandemi Covid-18 di berbagai sektor, terutama pariwisata. Hal tersebut berdasarkan survey Association of The Tours and Travel Agencies  (ASITA).

Budijanto Ardiansjah, selaku Wakil Ketua Umum (Waketum) mengatakan tren berwisata masyarakat lokal dan mancanegara di Indonesia pada tahun lalu menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Peningkatan ekonomi bila dibandingkan dengan tahun 2019 sebelum Covid-19, sektor pariwisata mengalami kenaikan hingga 10 persen di tahun 2022.

"Ini artinya geliat pariwisata di tahun 2022 bahkan lebih masif dari sebelum pandemi, tahun ini saya kira peningkatannya akan mencapai 30 persen dibanding tahun lalu," kata Budijanto saat dihubungi dari Jakarta, Kamis, 2 Maret 2023 kemarin.

Budijanto menyebut pencabutan regulasi mengenai segala pembatasan terkait COVID-19 yang kini semakin melandai menjadi faktor utama kembali bergairahnya sektor pariwisata dan sektor-sektor lainnya.

Baca Juga: Jasa Marga Prediksi 771.114 Kendaraan Tinggalkan Wilayah Jabodetabek Jelang Libur Imlek

Selain itu, adanya Tunjangan Hari Raya (THR), ditambah tabungan masyarakat yang telah disimpan sejak masa pandemi untuk berwisata, akan memberikan andil pada melonjaknya perekonomian pada 2023. "Kita tahu pada tahun 2022 kemarin kenapa terjadi peningkatan ekonomi yang tinggi? Itu karena banyak orang belum membelanjakan jatah yang mereka sisihkan untuk wisata di tahun 2019-2021, tahun ini saya yakin akan ada peningkatan yang luar biasa," ujarnya.

Oleh karena itu, Waketum ASITA ini memastikan banyak calon wisatawan yang siap untuk melancong jelang libur lebaran, utamanya ke luar negeri, mengingat banyak pula yang belum berkesempatan berangkat pada libur Natal dan Tahun Baru pada 2022.

Saat ini, menurut Budijanto, sudah banyak pula biro perjalanan yang telah menyiapkan paket tur berlibur saat Idul Fitri, serta pengelola hotel yang menyediakan paket-paket Ramadhan seperti paket iftar atau berbuka bersama.

Baca Juga: Geliatkan Ekonomi, Bupati Klaten Ajak PKL dan Juru Parkir Ngopi Bareng

Ia pun memprediksi wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur akan merajai pariwisata saat libur Lebaran tahun ini, begitu pula kawasan Bali, Lombok, dan Labuan Bajo untuk Indonesia bagian timur.

Sementara, negara-negara di Timur Tengah dan Eropa Timur seperti Belanda, Inggris, Perancis, dan Italia juga menjadi sasaran masyarakat Indonesia untuk menghabiskan liburan Idul Fitri pada 2023.***

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x