Teten Masduki Sebut Penyebab Inflasi Karena Kurangnya Ketersediaan Bahan Pokok

- 18 Maret 2023, 05:53 WIB
Teten Masduki Sebut Penyebab Inflasi karena Kurangnya Ketersediaan Bahan Pokok
Teten Masduki Sebut Penyebab Inflasi karena Kurangnya Ketersediaan Bahan Pokok /Antara

KILAS KLATEN - Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) menyebutkan penyebab utama inflasi di Indonesia lantaran kurangnya ketersediaan atau suplai bahan kebutuhan pokok khususnya pangan yang dibutuhkan masyarakat.

Teten saat menjadi narasumber pada High Level Event (HLE) Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Jatim Tahun 2023 di Surabaya, Jumat, 17 Maret 2023 mengatakan  masih dari aspek suplay-nya, memang sumber pertanian Indonesja masih mengandalkan teknologi yang sederhana, mengandalkan alam, dan yang kedua biaya produksi yang tidak murah.

Selain itu ia juga menegaskan untuk mengendalikan inflasi di Indonesia diperlukan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Kemudian dengan biaya yang tidak murah tersebut, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Kementerian Koperasi dan UKM, untuk mengkonsolidasikan para petani kecil perorangan di daerah, dalam skala ekonomi koperasi.

Baca Juga: Harga Minyak Menetap 1% Lebih Tinggi Dikarenakan Data Inflasi AS yang Rendah

Artinya koperasi menjadi agregator atau pengepul dan juga konsolidator petani.

"Lalu terhubung kepada market, dan terhubung kepada pembiayaan. Akan didukung sistem pembiayaan, sehingga ada kepastian harga, kepastian market, kepada petani ini," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuturkan, pihaknya memiliki jurus jitu dalam upaya pengendalian inflasi pangan, di antaranya adalah masif melakukan operasi pasar di berbagai daerah, serta menyiapkan showcase.

"Supaya kalau ada kebutuhan beras terutama, tidak usah lagi digerakkan dari Bulog terdekat, misalkan gudangnya dimana, gudangnya di mana, tapi showcase beras, minyak goreng, itu disiapkan di beberapa pasar yang memang kebutuhannya cukup signifikan," ujarnya.

Sementara itu, acara High Level Event (HLE) Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Jatim Tahun 2023 ini mengangkat tema Peningkatan Ketersediaan Pangan melalui Inovasi Teknologi Pertanian dan Digitalisasi yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Ballroom Grand City Surabaya.***

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x