Manga One Punch Man Tertunda Karena Masalah Kesehatan Sang Kreator

- 24 Mei 2023, 13:26 WIB
Manga One-Punch Man Hiatus Selama Hampir Sebulan.
Manga One-Punch Man Hiatus Selama Hampir Sebulan. /Tangkap Layar Kanal YouTube Muse Indonesia/

KILAS KLATEN – Pencipta One Punch Man, Yusuke Murata, mungkin akan beristirahat lebih lama dari menggambar manga karena kesehatannya yang menurun. Seperti yang dijelaskan di Anime Senpai, One Punch Man ditunda secara tiba-tiba, memindahkan tanggal rilis Bab 183 ke bulan berikutnya.

 

Namun, dalam sebuah diskusi di Twitter Space baru-baru ini, Yusuke Murata mengungkapkan bahwa ia mungkin akan beristirahat lebih lama lagi dari menggambar manga tersebut karena beban pekerjaannya yang terus menerus mengganggu kesehatan fisiknya.

"Semakin sulit setiap bulannya untuk mengatur waktu saya untuk keluarga, pekerjaan dan diri saya sendiri." Yusuke Murata menjelaskan. "Karena saya telah mulai mengerjakan serial anime baru, kesehatan saya telah menurun, dan saya telah berpikir untuk beristirahat panjang untuk waktu yang lama, dan saya mungkin akan segera berlibur."

Baca Juga: Fakta Menarik Yang Jadi Kelemahan Saitama One Punch Man

Sayangnya, masalah kesehatan adalah hal yang umum bagi mereka yang bekerja di industri anime dan manga. Menurut data terbaru, lebih dari 98% seniman manga mengalami kondisi yang disebut Repetitive Strain Injury (atau RSI) yang dapat menyebabkan rasa sakit dan kekakuan yang berkepanjangan pada otot dan persendian.

Penyebab utama dari kondisi ini adalah menggunakan pena untuk waktu yang lama, seperti yang harus dilakukan oleh banyak mangaka untuk memenuhi tenggat waktu mereka. Karena sifat bisnis manga yang menuntut, banyak seniman terkemuka yang mengalami kesulitan dengan kesehatan mereka.

Salah satu contohnya adalah kreator My Hero Academia, Kohei Horikoshi, yang harus menghentikan serial ikoniknya beberapa kali selama beberapa tahun karena masalah kesehatan yang tidak kunjung terselesaikan. Melalui Twitter, Yusuke Murata bahkan memohon kepada Horikoshi untuk memprioritaskan kesehatannya daripada karyanya.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: CBR


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah