Inilah Alasan Mengapa Kalian Merasa Nyaman Saat Mendengarkan Musik Favorit

- 20 Maret 2023, 19:59 WIB
Konser blackpink di GBK
Konser blackpink di GBK /Tangkap layar channel youtube Rans Entertainment/

KILAS KLATEN – Penelitian menunjukkan setidaknya 55% orang mengalami rasa nyaman saat mendengarkan musik yang mereka sukai. Sebuah studi baru-baru ini meneliti lebih lanjut fenomena ini untuk menunjukkan bagaimana musik mengaktifkan pusat kesenangan dan penghargaan di otak, yang menimbulkan pertanyaan tentang peran musik dalam evolusi manusia.

 

Mendengarkan musik dapat dianggap sebagai tindakan perawatan diri yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu meringankan kecemasan dan depresi. Ini adalah fenomena yang dapat terjadi selama pertunjukan musik live atau rekaman, baik yang baru maupun yang sudah dikenal, dan telah didokumentasikan dengan baik selama bertahun-tahun.

Namun, ada satu pertanyaan yang masih tersisa: Mengapa hal itu terjadi?

Baca Juga: Inilah Bahayanya PHK Untuk Kesehatan Mental. Bagaimana Cara Mengatasinya?

Para peneliti telah berusaha menemukan jawabannya, dan sebuah studi terbaru yang diterbitkan di Frontiers in Neuroscience berfokus pada pemetaan aktivitas listrik otak selama musik menggigil menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana musik dapat mengaktifkan pusat kesenangan dan penghargaan otak.

Para ahli saraf yang berbasis di Prancis menggunakan elektroensefalografi densitas tinggi (HD-EEG) untuk menggambarkan pola aktivitas otak saat orang mendengarkan alunan musik yang menyenangkan. Delapan belas sukarelawan, 11 wanita dan tujuh pria, berpartisipasi. Semua melaporkan mengalami kedinginan saat mendengarkan musik yang menyenangkan sebelum penelitian.

Dengan menggunakan HD-EEG, elektroda ditempatkan di area yang luas di kulit kepala partisipan untuk memindai dan mengukur aktivitas listrik di otak. Setelah terhubung, setiap peserta mendengarkan lima kutipan musik yang membuat mereka rileks yang telah disediakan, serta tiga kutipan netral tambahan yang dipilih oleh para peneliti, dan diminta untuk melaporkan kenikmatan emosional mereka.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Verywell Mind


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x