Apa Benar Bra Kawat Dapat Memicu Kanker Payudara?

- 25 Maret 2023, 11:30 WIB
Ilustrasi -  Apa benar Bra kawat dapat memicu kanker payudara?
Ilustrasi - Apa benar Bra kawat dapat memicu kanker payudara? /PeopleImages/Getty Images/iStockphoto

KILAS KLATEN - Para perempuan pasti tidak asing mendengar bahwa mengenakan bra kawat bisa menyebabkan kanker payudara. Bra kawat memang cenderung lebih ketat dan kencang dengan tujuan agar payudara terlihat lebih naik.

Namun, bra yang terlalu kencang seperti ini dianggap dapat menimbulkan kanker payudara. Bra kawat yang terlalu kencang diketahui dapat menekan sistem limfatik payudara, sehingga menyebabkan racun terperangkap di jaringan payudara dan menyebabkan kanker.

Peneliti dan Ahli Herbal dari Kementerian Kesehatan Dr Jusuf Kristianto MM MHA MPH PhD penggunaan bra kawat dan busa bisa menyebabkan kanker payudara. 

Dr Jusuf saat ditemui dalam sebuah acara, beberapa waktu lalu menjelaskan 

"Pengalaman saya gini, jadi ada penelitian yang mengatakan 'no bra, no cancer', tapi kita nggak mungkin no bra. Jadi tetap pakai bra tapi yang paling nyaman."

Dokter Jusuf menyarankan untuk tidak memakai bra kawat atau busa dalam aktivitas sehari-hari karena dapat berisiko menekan payudara dan mengganggu sirkulasi.

Baca Juga: Harapan untuk Pasien Kanker Payudara Apabila Terdeteksi Dini

Alasan lainnya, bra yang kencang dapat menghalangi drainase cairan getah bening dari bagian bawah payudara, sehingga tidak bisa masuk kembali ke dalam tubuh.

"Kalau mau pakai busa atau kawat sesaat saja, kalau seharian ketekan terus sirkulasi darah akan berimpact. Pengalaman saya gini, sesuatu yang terjadi penekanan terus-menerus akan terjadi cancer," tuturnya.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: UAMS Health


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x