Frank Kessie Berhasil Bawa Barcelona Menang 2-1 Atas Real Madrid di Liga Spanyol

- 21 Maret 2023, 09:06 WIB
Selebrasi Franck Kessie setelah mencetak gol kemenangan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol pekan ke-26 lawan Real Madrid di Spotify Camp Nou pada 20 Maret 2023. ANTARA/AFP/LLUIS GENE
Selebrasi Franck Kessie setelah mencetak gol kemenangan Barcelona dalam pertandingan Liga Spanyol pekan ke-26 lawan Real Madrid di Spotify Camp Nou pada 20 Maret 2023. ANTARA/AFP/LLUIS GENE /
KILAS KLATEN - Laga "El-Clasico" pada pekan ke-26 Liga Spanyol yang berlangsung di Spotify Camp Nou pada Senin dini hari WIB.

Gol berhasil dicetak Franck Kessie membawa Barcelona menang 2-1 atas Real Madrid dalam

Franck Kessie menjadi pahlawan kemenangan Barcelona berkat golnya pada menit ke-90+2.

Padahal Real Madrid unggul terlebih dahulu lewat gol bunuh diri Ronald Araujo sebelum Sergi Roberto menyamakan kedudukan menjelang babak pertama berakhir.

Blaugrana kini mengoleksi 68 poin, unggul 12 angka dari Los Blancos yang menempati peringkat dua, demikian catatan laman resmi Laliga.

Tiga poin yang telah diraih ini membuat Barcelona makin kukuh di puncak klasemen dan menjauh dari kejaran Real Madrid.

Real Madrid langsung tancap gas sejak menit pertama. Karim Benzema langsung melepaskan tembakan ke gawang, tetapi Marc-Andre ter Stegen mampu menghentikannya.
 
Baca Juga: Manchester City Raih Tiket ke Semifinal Piala FA 2022/2023 Usai Bantai Burnley dengan Skor 6-0

Barcelona balas menyerang setelah itu. Dua percobaan dari Robert Lewandowski dan Raphinha gagal masih belum bisa membobol gawang Thibaut Courtois.

Real Madrid justru mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-9. Vinicius Junior menusuk di sisi kiri dan melepaskan umpan silang yang mengenai kepala Araujo sebelum masuk ke gawang Barcelona. Tim tamu unggul 1-0.

Barcelona coba memburu gol penyeimbang pada menit ke-24. Umpan silang Raphinha berhasil disundul Andreas Christiensen, tetapi arah bola masih melebar dari gawang Thibaut Courtois.

Christensen kembali mendapatkan peluang pada menit ke-32 setelah menerima umpan Frenkie de Jong. Kali ini, Courtois mampu mengamankannya.

Dua menit kemudian, Raphinha kembali memberi ancaman. Dia menusuk ke jantung pertahanan. Namun, tendangannya masih bisa diselamatkan Courtois.

Barcelona akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-45. Tembakan Raphinha dihentikan barisan pertahanan Real Madrid, tetapi bola rebound langsung ditendang Sergi Roberto menjadi gol.
 

 
 
Babak pertama berakhir dengan hasil imbang 1-1
 
Selepas jeda, kedua tim kembali bermain agresif. Madrid mengancam dari percobaan Luka Modric. Namun, sepakannya bisa diamankan Ter Stegen.

Barcelona balas menyerang pada menit ke-75. Kerja sama Raphinha dan Gavi mampu membongkar lini pertahanan Madrid, tetapi tendangan Raphinha kembali ditepis Courtois.

Real Madrid sempat mencetak gol pada menit ke-81, Carvajal melepaskan umpan tarik yang dituntaskan pemain pengganti Marco Asensio. Namun, gol ini dianulir VAR karena sang pemain offside meski sangat tipis.

Setelah itu, Madrid lebih banyak menekan di menit akhir laga.

Barcelona justru bisa meraih gol kemenangan di masa injury time. Alejandro Balde terbebas di sisi kiri usai menerima umpan backheel dari Lewandowski. Bek kiri tersebut kemudian memberikan umpan tarik ke kotak penalti yang ditendang Franck Kessie menjadi gol.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan dramatis Barcelona atas Real Madrid.
 
Susunan pemain
 
Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo, Jules Kounde, Andreas Christensen, Alejandro Balde; Sergi Roberto (Franck Kessie 77'), Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Raphinha (Ferran Torres 83'), Robert Lewandowski, Gavi (Ansu Fati 90+1').

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Eder Militao, Antonio Rudiger, Nacho Fernandez (Ferland Mendy 62'); Luka Modric (Dani Ceballos 76'), Eduardo Camavinga (Aurelien Tchouameni 76'), Toni Kroos (Rodrygo 62'); Federico Valverde (Marco Asensio 76'), Karim Benzema, Vinicius Junior.
 
Pada pertandingan sebelumnya, Raphinha mencetak gol semata wayang untuk membawa Barcelona menang 1-0 atas Athletic Bilbao, pada pertandingan jornada ke-25 Liga Spanyol yang dimainkan di Stadion San Mames, Bilbao, Senin, 13 Maret 2023

Kemenangan beruntun kedua di liga bagi Barcelona itu membuat tim Catalan itu semakin kokoh di puncak klasemen dengan 65 poin, unggul sembilan poin atas tim peringkat kedua Real Madrid.

Sedangkan Bilbao tertahan di posisi kesembilan dengan 33 poin, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Barcelona yang mengulang kombinasi pengumpan dan pencetak gol dari kemenangan 1-0 mereka di markas Valencia pekan lalu, Raphinha mengemas gol pada menit ke-46 setelah ia mendapat umpan brilian dari Sergi Busquets.
 
Baca Juga: Real Madrid Kalahkan Liverpool 1 – 0, Gol Tunggal Benzema Pupuskan Harapan Salah Cs

Barcelona berhasil lolos dari ancaman yang diberikan tim tuan rumah pada sebagian besar jalannya pertandingan.

Bilbao sendiri mampu mencatatkan dua tembakan yang membentur mistar gawang, dan gol Inaki Williams yang dianulir karena offside pada fase akhir pertandingan.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Villarreal bermain imbang 1-1 dengan tamunya Real Betis.

Betis membuka keunggulan melalui gol Borja Iglesias pada menit ke-38, sebelum Yeremy Pino menyamakan kedudukan untuk Villarreal lewat golnya pada menit ke-55.

Hasil itu membuat Villarreal menghuni posisi keenam klasemen dengan 38 poin, sementara Betis berada di posisi kelima dengan 42 poin.***
 

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah