STAIN SAR Kepri Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025

- 15 Desember 2023, 02:32 WIB
STAIN SAR Kepri Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025
STAIN SAR Kepri Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025 /Indephtnews.id/STAIN SAR Kepri Buka Pendaftararan Maba/

KILAS KLATEN - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau akan segera membuka Penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Tahun Akademik 2024/2025.

Ada tiga jenis seleksi yang akan dibuka yaitu, Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN), ujian masuk (UM-PTKIN) dan seleksi Jalur mandiri.

1. Jalur SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN atau PTKIN dengan program studi keagamaan dalam satu sistem yang terpadu.

SPAN-PTKIN diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Baca Juga: Ini 3 Jenis Ospek Mahasiswa Baru, Kegiatan dan Tips Menghadapinya

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN/PTN.

SPAN-PTKIN juga biasanya dikenal dengan sebutan jalur prestasi atau jalur undangan.

2. Jalur UM-PTKIN, Menurut situs resminya, UM-PTKIN adalah seleksi masuk PTKIN yang berada di bawah Kementerian Agama (Kemenag).

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x