Google Akan Segera Membawa Gemini Nano Ke Desktop Chrome, Simak Penjelasan Fiturnya

- 15 Mei 2024, 17:05 WIB
Ilustrasi Gemini AI milik google resmi meluncur. /Tangkap layar YouTube/Google
Ilustrasi Gemini AI milik google resmi meluncur. /Tangkap layar YouTube/Google /

KILAS KLATEN – Google akan segera membawa Gemini Nano ke desktop Chrome, membuka pintu bagi era baru kecerdasan buatan (AI) yang terintegrasi dalam browser internet paling populer di dunia.

Dengan pengumuman ini, Google menandai langkah besar dalam memperluas aksesibilitas fitur-fitur canggih yang sebelumnya terbatas pada aplikasi Google Workspace, seperti Docs dan Slides, ke seluruh pengguna Chrome desktop.

Gemini Nano, sebagai anggota terkecil dari keluarga Gemini, dijuluki sebagai penggerak AI on-device yang memiliki potensi besar dalam memfasilitasi berbagai fitur AI langsung di perangkat pengguna.

Salah satu fitur unggulannya, 'Help Me Write,' merupakan asisten penulisan yang diklaim dapat membantu pengguna dalam membuat draf, email, dan laporan dengan lebih efisien.

Baca Juga: Kemana Data Dalam Google Chrome Incognito Pergi? Apakah Data Kita Akan Aman? Ini Penjelasannya

Sebelumnya, fungsionalitas semacam ini hanya tersedia dalam lingkup aplikasi produktivitas Google, tetapi dengan integrasi Gemini Nano, pengguna Chrome akan dapat merasakan manfaatnya dalam konteks yang lebih luas, termasuk pembuatan ulasan produk, posting media sosial, dan lebih banyak lagi.

Kehadiran Gemini Nano di Chrome desktop juga menandai sebuah tonggak sejarah dalam privasi pengguna.

Berbeda dengan beberapa asisten penulisan lainnya, Gemini Nano beroperasi secara offline, artinya semua data dan informasi yang dihasilkan oleh pengguna akan tetap berada di perangkat mereka, tanpa harus melewati server eksternal.

Hal ini menawarkan tingkat privasi yang lebih tinggi, membedakannya dari beberapa sistem AI lain yang memerlukan koneksi internet untuk berfungsi sepenuhnya.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah