Microsoft Luncurkan Alternatif AMD untuk Prosesor AI Nvidia dalam Layanan Komputasi Cloud

- 18 Mei 2024, 12:17 WIB
Ilustrasi Microsoft.
Ilustrasi Microsoft. /Annegret Hilse/REUTERS

KILAS KLATEN – Microsoft mengumumkan rencananya untuk menyajikan alternatif baru bagi pelanggan komputasi cloud mereka dengan memperkenalkan platform chip kecerdasan buatan AMD.

Langkah Microsoft ini akan menjadi pesaing langsung terhadap komponen yang diproduksi oleh Nvidia, dengan rincian lebih lanjut akan diumumkan pada konferensi pengembang Build minggu depan.

Dalam langkah yang bertujuan untuk menawarkan lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka, Microsoft juga akan meluncurkan pratinjau dari prosesor kustom baru mereka, Cobalt 100, pada acara tersebut.

Ini merupakan upaya terbaru perusahaan dalam mengembangkan portofolio layanan mereka di ranah komputasi cloud.

Unit komputasi cloud Microsoft, yang dikenal dengan layanan Azure, akan menawarkan klaster chip AI AMD terbaru yang disebut MI300X kepada pelanggan mereka.

Baca Juga: Microsoft Bersiap Meluncurkan Toko Game Mobilenya Sendiri pada Bulan Juli

Langkah ini bertujuan untuk memberikan alternatif yang lebih tangguh terhadap keluarga GPU pemrosesan grafis (GPU) Nvidia, yang selama ini mendominasi pasar chip pusat data untuk kebutuhan kecerdasan buatan (AI).

Salah satu tantangan utama yang dihadapi dalam membangun model AI atau menjalankan aplikasi AI adalah keterbatasan kapasitas prosesor.

Untuk mengatasi hal ini, perusahaan sering kali harus menggunakan beberapa GPU secara bersamaan, karena data dan komputasi yang dibutuhkan tidak cukup untuk ditangani oleh satu prosesor saja.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah