Bukan Varian Kopi, Ternyata Inilah Arti Latte Factor

- 30 Desember 2022, 11:45 WIB
Bukan Varian Kopi, Ternyata Inilah Arti Latte Factor
Bukan Varian Kopi, Ternyata Inilah Arti Latte Factor /@promodimedan di Instagram/Tangkap layar Instagram.com/@promodimedan

KILAS KLATEN – Bagi sebagian orang pasti pernah mendengar istilah latte factor, dan mungkin berpikir bahwa hal ini bagian dari varian kopi.

Namun latte factor sendiri bukanlah varian dari kopi melainkan istilah yang berikatian dengan kebiasaan manusia akibat terlalu sering mengonsumsi hal-hal yang kecil, terutama kopi.

Istilah latte factor ini dicetuskan oleh David Bach yang merupakan seorang motivator, publik figur, dan pengusaha dalam bukunya yang berjudul Finish Rich.

Bagi karyawan dan pekerja yang menerima gaji setiap bulan, pasti pernah merasa bingung karena merasa belum membeli apa-apa tapi gaji sudah sisa sedikit.

Mungkin hal tersebut disebabkan kebiasaan atas pengeluaran yang kecil dan terkesan sepele, namun ketika dijumlahkan dalam waktu seminggu, sebulan, atau setahun dapat memiliki porsi yang tidak sedikit dari keuangan yang ada.

Baca Juga: Tips Atur Finansial 2023 dari Perencana Keuangan agar Finansial Lebih Stabil dan Baik

Dan pengeluaran kecil ini sering kali diabaikan karena dirasa tidak akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan pribadi, padahal jika dijumlah dapat menjadi nominal yang besar dan dapat digunakan untuk hal yang lebih penting dikemudian waktu.

Pengaruh latte factor pada keduangan setiap orang dapat berbeda-beda, hal atau kebiasaan pengeluaran kecil dapat berupa biaya membeli air mineral kemasan, lipstick dan skincare, kopi dan rokok, snack atau cemilan, transfer antar bank, dan lain-lain.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, Kilas Klaten akan berbagi beberapa tips untuk mengatasi latte factor:

Baca Juga: Simak Soal UAS UT Manajemen Keuangan Beserta Kunci Jawaban Berikut Agar Auto Lulus Ujian AKhir Semester

Halaman:

Editor: Masruro


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x