Belanja di 4 Negara Ini Bisa Pake Rupiah, Impian Jokowi Akhirnya Berhasil!

- 18 November 2022, 20:00 WIB
Belanja di 4 Negara Ini Bisa Pake Rupiah, Impian Jokowi Akhirnya Berhasil!
Belanja di 4 Negara Ini Bisa Pake Rupiah, Impian Jokowi Akhirnya Berhasil! /Freepik/
KILAS KLATEN - Menciptakan Warisan dan mengukir sejarah baru di dunia digitalisasi dengan menjadikan rupiah sebagai mata uang transaksi dinegara luar. 
 
Impian presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin menggunakan rupiah untuk transaksi di negara lain akhirnya di implementasikan pada sistem pembayaran lintas negara di kawasan ASEAN. 
 
Hal ini merupakan kunci ekonomi berkelanjutan yang sangat ampuh untuk memulihkan ekonomi RI yang kuat. 
 
Perry Warjiyo selalu Gubernur Bank Indonesia (BI) jika RI dan negara ASEAN telah berkomitmen untuk memiliki multilateralisme dan konektivitas payment regional yang bergerak secara bilateral.
 
 
Payment regional yang dimaksud meliputi Standard QR, fast payment, serta penggunaan mata uang lokal atau local currency settlement yang akan segera terkoneksi satu sama lain.
 
Bank Indonesia (BI) bersama bank sentral Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand menandatangani dokumen kerjasama (MoU). Negara tersebut yang akan menerima rupiah menjadi alat transaksi. 
 
Gubernur BI Perry Warjiyo, Gubernur Bank Negara Malaysia Shamsiah Yunus, Managing Director Monetary Authority of Singapore Ravi Menon, Deputi Gubernur Bank Sentral ng Pilipinas Mamerto E. Tangonan, dan Deputi Gubernur Bank of Thailand Ronadol Numnonda menandatangi kerjasama. 
 
Sebutnya ini bukan hanya sekedar kerjasama namun untuk mengukir sejarah, memudahkan masyarakat dan menguatkan ekonomi bangsa.
 
 
Kabar terbaru yang dilansir oleh CNBN Implementasi Quick Response Code Indonesian standard (QRIS) di Thailand sudah mulai dilakukan secara penuh. Hal tersebut diungkap olah Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
 
Lalu Bagaimana Cara Berbelanja di Luar Negeri Menggunakan Rupiah?
 
- Turis Indonesia yang ke Thailand bisa menggunakan ewallet atau mobile banking bermata uang rupiah di Thailand. 
- Turis Thailand yang ke Indonesia bisa menggunakan ewallet atau mobile banking berkata uang Thailand
 
Jadi turis tinggal scan QR code menggunakan aplikasi dan pembayaran bisa dilakukan. 
 
Hal ini memudahkan transaksi kedua negara. Untuk wisatawan hal ini memudahkan karena tak perlu lagi menukarkan uang ke mata uang lokal.
 
 
Caranya dengan menggunakan QRIS atau QR yang sudah lintas batas negara yang sudah disediakan di toko-toko di negara tersebut.
 
Daftar Merchant dan aplikasinya yang digunakan di thailand:
 
Saat ini terdapat dua merchant PJP Thailand yang menerima aplikasi pembayaran QRIS di Thailand, yaitu Bangkok Bank dan Bank Kungsri.

Menurut informasi resmi, jumlah tersebut akan bertambah lima bank yang bisa menerima aplikasi QRIS di Thailand.

Sementara itu, aplikasi pembayaran Indonesia yang bisa scan QR Thailand meliputi Bank BCA, Bank BSI, CIMB NIAGA, Bank Sinarmas, Bank Mega, PermataBank, dan Bank BPD Bali, serta akan diperluas dengan partisipasi dari penyelenggara lainnya

Itulah 4 Negara belanja bisa menggunakan rupiah, impian Jokowi kini berhasil!***

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x