Hantu 'Resesi' Kian Nyata? Perusahaan Tumbang, Terbaru Startup Edutech Ruang Guru Merumahkan Ratusan Karyawan

- 20 November 2022, 14:25 WIB
ILUSTRASI - Hantu 'Resesi' Kian Nyata? Perusahaan Tumbang, Terbaru Startup Edutech Ruang Guru Merumahkan Ratusan Karyawan
ILUSTRASI - Hantu 'Resesi' Kian Nyata? Perusahaan Tumbang, Terbaru Startup Edutech Ruang Guru Merumahkan Ratusan Karyawan /Freepik/
KILAS KLATEN - Perusahaan yang didirikan Iman Usman dan Belva Devara itu mengumumkan PHK besar-besaran, pada hari Jum'at, 18 November 2022 lalu, startup teknologi pendidikan (edu tech) Ruangguru telah merumahkan ratusan karyawan.
 
Karyawan yang di PHK kini sudah mencapai ratusan. Alasannya pengurangan personel secara drastis adalah situasi pasar global.
 
Corporate Communicaton Ruangguru, mengatakan hari ini Ruang Guru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sebagian pegawai Ruang Guru.
 
Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini. Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis.
 
PHK massal di Ruang Guru sudah beredar sejak Jumat, 18 November 2022 pagi hari.
Berdasarkan informasi beberapa sumber mengatakan bahwa beberapa karyawan menerima email yang menginformasikan tentang PHK.
 
 
Manajemen Ruangguru disebut telah menggelar rapat dengan seluruh tim Ruang Guru atau dikenal dengan City Hall, untuk mengumumkan dan menjelaskan alasan kebijakan PHK tersebut.
 
Ruangguru membayar uang pesangon, pekerjaan jangka panjang, dan uang liburan kepada semua karyawan yang diberhentikan, sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang.
 
"Dibayarkan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh. Kami pun juga memperpanjang asuransi bagi yang terdampak," tulis Ruangguru dalam sebuah pernyataan.
 
Selain itu, Ruang Guru berkomitmen untuk membantu pekerja yang mubazir mendapatkan pekerjaan baru, termasuk mengirimkan tim rekrutmen khusus.
 
Ruang Guru tidak secara gamblang menjelaskan dampak pasar global terhadap bisnis perusahaan.
 
 
Namun, startup yang kabarnya berhasil mencapai titik impas tersebut menyatakan optimismenya terhadap perkembangan perusahaan ke depan.
 
Ruangguru tetap optimis dengan prospek, kesempatan, dan posisi unik yang dimiliki oleh Ruangguru untuk terus memberikan akses terhadap layanan pendidikan berkualitas bagi semua. Kami juga ingin menyampaikan bahwa hal ini tidak berdampak pada layanan kami dan kepada seluruh pelanggan Ruangguru." lanjut Ruangguru.
 
Tahun lalu, Tech in Asia melaporkan bahwa Ruang Guru bahkan menghasilkan keuntungan di tahun 2020.
 
Berdasarkan laporan keuangan, Ruang Guru menghasilkan pendapatan sebesar $63 juta di tahun 2020 dan berhasil menghasilkan laba usaha sebesar $1,8 juta.
 
Ruangguru juga selangkah lagi mendapatkan predikat unicorn. 
 
Penilaian startup telah melampaui $800 juta, dan $200 juta lainnya diperlukan untuk menjadi unicorn yang sukses.
 
 
Crunchbase juga melaporkan bahwa pendanaan terbaru Ruangguru adalah $55 juta (Rp 797 miliar). 
 
Beberapa investor yang terlibat adalah Tiger Global Management, CGV Capital dan anak perusahaan Lippo Group PT Multipolar Tbk. 
 
Menurut Crunchbase, total pendanaan startup berusia 8 tahun tersebut adalah $205,1 juta.
 
Sebelum sejumlah karyawan ruang guru di PHK, GoTo perusahaan merger antara penyedia transportasi Gojek dan perusahaan e-commerce Tokopedia sudah terlebih dahulu mem-PHK sejumlah 1.300 pekerja atau sekitar 12% persen dari total karyawannya di Indonesia, Vietnam, Singapura, dan India.
 
Angka tersebut dilaporkan merupakan pemotongan hubungan kerja perusahaan startup terbesar di Indonesia.
 
 
Gojek mengungkapkan, langkah tersebut diambil dalam upaya mendorong kemandirian finansial perusahaan.
 
“Hal ini kami lakukan agar perusahaan dapat terus memberikan dampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang di ekosistem GoTo melalui pertumbuhan ekonomi yang sehat dan berkelanjutan,” ujar perusahaan dalam keterangannya pada Jumat, 18 November 2022 lalu.
 
Dari banyaknya karyawan yang dipulangkan oleh perusahaan, lalu apakah hantu Resesi kini kian nyata?***
 

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Ruang Guru


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x