Daya Dukung Lingkungan Banyak Masalah, Industri Perlu Efisiensi Sumber Daya

- 27 November 2022, 10:00 WIB
Daya Dukung Lingkungan Banyak Masalah, Industri Perlu Efisiensi Sumber Daya
Daya Dukung Lingkungan Banyak Masalah, Industri Perlu Efisiensi Sumber Daya /Pexels

KILAS KLATEN - Efisiensi pemanfaatan sumber daya oleh industri untuk menyokong keberlanjutan lingkungan dinilai penting.

Namun kini daya dukung lingkungan diliputi banyak masalah, mulai dari perubahan iklim hingga kelangkaan sumber daya alam.

Dikatakan oleh Kepala Pusat Industri Hijau, Kementerian Perindustrian, Herman Supriadi pihaknya telah mendorong industri nasional untuk menerapkan Industri Hijau sebagai cara mengurangi masalah lingkungan.

Hal ini dicapai melalui perbaikan efisiensi dan efektivitas produksi industri.

Baca Juga: Ini Dia Deretan Holding Perusahaan Sektor Industri Sel Baterai Mobil Listrik Indonesia

Industri nasional didorong untuk melaksanakan efisiensi sumber daya, baik itu dalam pemanfaatan bahan baku, energi sampai air. Industri juga didorong menggunakan energi baru terbarukan (EBT).

Sebagai insentif, katanya, Kemenperin telah mencoba memberikan penghargaan bagi perusahaan yang menerapkan Industri Hijau ini.

Penghargaan Industri Hijau diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan prinsip industri hijau dalam proses produksinya,” katanya dalam keterangan pers, Sabtu 26 November 2022.

Ia menambahkan, penghargaan Industri Hijau Kinerja Terbaik diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil mendapatkan Sertifikat Industri Hijau sesuai Standar Industri Hijau (SIH) dan mempertahankan konsistensi penerapan Standar Industri Hijau melalui pelaksanaan surveilan.

Baca Juga: OJK Siap Dorong Jasa Keuangan Dorong Pelaku Industri Kendaraan Listrik di Indonesia

Halaman:

Editor: Masruro

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x