Hati-Hati! Malware Baru Bisa Curi Informasi Perbankan Pengguna Android

- 19 April 2024, 11:31 WIB
Ilustrasi Malware. /freepik.com/Rawpixel.com
Ilustrasi Malware. /freepik.com/Rawpixel.com /

KILAS KLATEN – Sebuah ancaman baru dalam bentuk malware Android telah muncul baru-baru ini yang bernama 'Mamont', yang menyamar sebagai aplikasi Google Chrome untuk mencuri informasi perbankan dari pengguna.

Penemuan malware baru ini merupakan perhatian serius bagi keamanan perangkat Android karena Mamont berhasil menyamar dengan begitu rapi sehingga sulit untuk dideteksi oleh pengguna yang tidak waspada.

Mamont adalah jenis trojan perbankan yang dirancang untuk menyelinap masuk ke perangkat Android tanpa disadari oleh pengguna.

Dengan menyamar sebagai Google Chrome, yang merupakan peramban web yang sangat populer, Mamont berhasil mengecoh pengguna dengan menampilkan ikon dan antarmuka yang sangat mirip dengan Chrome asli.

Baca Juga: Perbedaan Malware Vs Virus: Berbeda Tapi Sama-Sama Berbahaya Bagi Komputer

Hal ini membuatnya sulit untuk dibedakan antara aplikasi palsu dan yang asli, terutama bagi pengguna yang tidak waspada.

Para peneliti keamanan cyber menemukan bahwa Mamont biasanya disebarluaskan melalui pesan spam dan phishing.

Pengguna yang tidak curiga kemudian diarahkan untuk mengunduh aplikasi yang seolah-olah adalah Google Chrome, namun sebenarnya adalah Mamont yang berbahaya.

Setelah diinstal, Mamont akan meminta izin pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengelola panggilan telepon atau mengirim pesan.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Indian Express


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah