Apple Diperintah Segera Hapus Aplikasi Whatsapp Dan Threads Dari App Store China

- 19 April 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi Apple Store.
Ilustrasi Apple Store. /Reuters/Yves Herman/

KILAS KLATEN – Apple telah mengumumkan bahwa mereka telah diperintahkan untuk menghapus aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store China oleh regulator internet negara tersebut.

Langkah ini diambil setelah Cyberspace Administration China mengeluarkan perintah berdasarkan kekhawatiran akan keamanan nasional.

Menurut laporan dari The Wall Street Journal dan The New York Times, pengguna Apple di China sekarang tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store.

Apple menjelaskan bahwa mereka menghapus aplikasi tersebut dari toko untuk mematuhi perintah yang diterima dari Cyberspace Administration, regulator internet China, dengan alasan keamanan nasional.

Baca Juga: Microsoft OneNote Kini Tersedia Sebagai Aplikasi Native untuk Headset Apple

Perusahaan ini menyatakan bahwa mereka merasa "terikat untuk mengikuti hukum di negara-negara tempat mereka beroperasi, bahkan ketika mereka tidak setuju."

Keputusan untuk menghapus WhatsApp dan Threads dari App Store China merupakan bagian dari strategi Apple untuk mematuhi peraturan setempat, meskipun mungkin tidak selalu sejalan dengan kebijakan atau keyakinan perusahaan tersebut.

Keterlibatan Apple dengan regulator internet China menyoroti kompleksitas yang dihadapi perusahaan teknologi global dalam beroperasi di negara-negara dengan aturan yang berbeda-beda.

Di balik langkah ini, terdapat isu yang lebih luas terkait pembatasan akses ke aplikasi dan teknologi asing di China.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Engadget


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah