5 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang Perlu Anda Ketahui

- 5 Juli 2022, 14:06 WIB
Cara Meningkatkan Penjualan Online
Cara Meningkatkan Penjualan Online /Pexels/Pixabay


KILAS KLATEN -
Penjualan merupakan salah satu faktor penting dalam bisnis. Tanpa adanya penjualan bisa dipastikan bisnis tidak akan bisa jalan. Salah satu cara paling efektif guna meningkatkan penjualan yaitu dengan sistem penjualan online atau online marketing.

Dalam cara meningkatkan penjualan online sebenarnya sbanyak strategi yang dapat Anda terapkan, akan tetapi Anda harus pandai memilahnya karena tidak semua strategi marketing dapat Anda terapkan di produk Anda.

Baca Juga: Pengen Sukses Jadi Agen Pulsa? Simak 6 Tips Berikut Ini


Meski harus memilih strategi yang tepat, Anda tidak usah khawatir karena pada dasarnya cara meningkatkan penjualan online tidak lah sulit. Berikut ada beberapa cara meningkatkan penjualan online yang harus Anda ketahui. 

Cara Meningkatkan Penjualan Online

  1.  Buatlah Website

    Ketika Anda memulai berbisnis secara online, salah satu cara yang paling tepat adalah memanfaatkan website sebagai media promosi kepada calon pelanggan. Selain itu penggunaan website juga akan memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda. 

    Anda dapat memberikan informasi secara detail produk Anda, memberikan testimoni atau portofolio tentang bisnis yang Anda jalankan, bahkan Anda juga dapat mengatur transaksi secara langsung di website Anda, sehingga akan semakin mudah dan otomatis.

    Jika Anda tidak memiliki basic atau skill dalam hal pembuatan website, tidak usah khawatir karena di era sekarang sudah banyak jasa pembuatan website yang murah dan terpercaya.

  2. Memanfaatkan Sosial Media

    Selain menggunakan website, Anda juga dapat menggunakan sosial media guna meningkatkan penjualan online Anda. Tidak sedikit diluar sana yang telah sukses menggunakan media sebagai promosi mereka. Bahkan dengan sosial media omset mereka bisa naik berkali-kali lipat.

    Baca Juga: Cara Mudah Mendaftar NPWP Secara Online

    Hal ini dikarenakan sosial media merupakan salah satu platform yang selalu dibuka setiap harinya oleh pengguna ponsel. Anda dapat menggunakan Facebook, Instagram, Tiktok, dan lain sebagainya.

    Apalagi sekarang banyak media sosial yang menawarkan berbagai fitur bisnis, sehingga potensi untuk meningkatkan penjualan akan selalu tinggi.

  3. Memanfaatkan Marketplace

    Selain dua cara diatas, marketplace merupakan salah satu cara yang patut Anda coba untuk meningkatkan penjualan online bisnis Anda.

    Marketplace telah menyediakan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan seperti halnya promosi dan metode pembayaran.

    Selain itu calon pelanggan jaman sekarang cenderung belanja menggunakan marketplace dikarenakan marketplace bertindak sebagai pihak ketiga sehingga dapat mengurangi potensi terjadinya penipuan secara online.

    Jadi selain dari optimasi website dan sosial media, cara meningkatkan penjualan online di marketplace patut Anda coba.

  4. Tingkatkan Pelayanan 

    Penjualan secara online dapat menjangkau calon pelanggan secara tidak terbatas. Hal ini akan menjadi salah satu tantangan bagi Anda.

    Biasanya calon pelanggan akan cenderung memilih calon pelanggan yang memiliki respon yang cepat serta terpercaya. Maka dari itu tingkatkan skill pelayanan bisnis Anda.

    Baca Juga: 4 Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing Yang Wajib Anda Jalani

    Mulai dari respon chat atau telepon, sikap dalam menangani keluhan pelanggan, serta pelayan lainya yang membuat calon pelanggan serasa diperhatikan.


  5. Memanfaatkan Influencer

    Influencer atau biasa yang dikenal sebagai endorse merupakan seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya.

    Hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan yang paling tepat. Influencer biasanya telah memiliki basic fans yang kuat serta kebanyakan fans dari mereka mimiliki sifat fanatik yang tinggi, sehingga apa yang di sampaikan oleh influencer akan dipakai pula oleh para penggemarnya.

    Hal ini lah salah satu peluang yang cukup bagus sebagai solusi penjualan bisnis online Anda. Anda bisa memilih influencer untuk endorse sesuai dengan produk Anda.

Berikut diatas merupakan 5 cara meningkatkan penjualan online yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih cara yang menurut Anda lebih tepat dan efisien sesuai dengan bisnis Anda. Semoga bermanfaat.***

 

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x