Update! 10 Mata Uang Terendah Dunia, Apakah Ada Rupiah?

- 5 Juli 2023, 15:19 WIB
Ilustrasi mata uang dunia - Update! 10 Mata Uang Terendah Dunia, Apakah Ada Rupiah?
Ilustrasi mata uang dunia - Update! 10 Mata Uang Terendah Dunia, Apakah Ada Rupiah? /Pexels/

KILAS KLATEN - Setiap negara memiliki nilai tukar mata uang yang berbeda-beda. Saat ini, mata uang dengan nilai tertinggi adalah Dinar Kuwait.

Lalu apa saja mata uang dengan nilai terlemah? Untuk diketahui, rendahnya nilai tukar mata uang ini disebabkan karena berbagai faktor antara lain tingkat inflasi, resesi, kenaikan suku bunga, utang pemerintah, hingga ketidakstabilan politik.

Dilansir dari Forbes berdasarkan data dari Open Exchange per 3 Juli 2023, berikut 10 mata uang terendah di dunia berdasarkan nilai relatifnya terhadap dolar AS:

Daftar Mata Uang Terendah di Dunia

Rial Iran (IRR)

Rial Iran merupakan mata uang dengan nilai terendah di dunia. 1 Rial Iran hanya 0,000024 US$ dan jika dikonversi ke rupiah hanya sebesar Rp0,36.

Turunnya nilai mata uang Rial Iran disebabkan karena berbagai faktor seperti Revolusi Islam pada 1979, penarikan investor asing, program nuklir, dan perang Iran-Irak.

Dong Vietnam (VND)

Posisi berikutnya ada mata uang Dong Vietnam dengan kode (VND). Satu Dong Vietnam sama dengan 0,000042 US$, sedangkan jika dikonversi Rupiah nilainya hanya Rp0,63.

Rendahnya nilai mata uang Dong Vietnam ini karena adanya perubahan kebijakan ekonomi di Vietnam.

Dahulu menerapkan sistem ekonomi terpusat, yang mana kebijakan perekonomian ditentukan pemerintah. Sekarang Vietnam mulai menerapkan ekonomi pasar sehingga masih membutuhkan waktu untuk memperbaiki kondisi ekonominya.

Baca Juga: Bukan Dollar, Berikut 6 Mata Uang Tertinggi di Dunia 2023

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Forbes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x