Bukan Dollar, Berikut 6 Mata Uang Tertinggi di Dunia 2023

- 6 Juni 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi - Bukan Dollar, Berikut 6 Mata Uang Tertinggi di Dunia 2023
Ilustrasi - Bukan Dollar, Berikut 6 Mata Uang Tertinggi di Dunia 2023 /Pexels/Suzy Hazelwood

KILAS KLATEN - Banyak yang beranggapan bahwa Dollar Amerika Serikat merupakan mata uang dengan nilai tertinggi dunia, sebab mata uang ini sering diperjualbelikan dan dibahas dimana-mana. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Mata uang dengan nilai tertinggi bukanlah Dollar Amerika Serikat. Justru mayoritas didominasi oleh negara-negara Timur Tengah. Berikut ini daftar 6 mata uang tertinggi di dunia yang dilansir dari Forbes Advisor.

Mata Uang Tertinggi di Dunia

Dinar Kuwait

Ternyata negara yang memiliki mata uang dengan nilai tertinggi berasal dari Timur Tengah yaitu Kuewait. Negara yang beribukota di Kuwait ini memiliki nilai tukar 1 Dinar Kuwait sama dengan 3,26 Dollar Amerika Serikat. Jika dikonversi ke dalam rupiah sekitar 48.529,57.

Kuwait juga dikenal sebagai negara dengan kekayaan minyaknya yang begitu melimpah. Kekayaannya diperkirakan lebih dari US$ 71 miliar, yang membawa dampak yang positif bagi perkembangan ekonominya dan juga kesejahteraan masyarakatnya.

 Baca Juga: Bank Sentral Jepang Akan Uji Coba Mata Uang Digital April Mendatang

Dinar Bahrain

Mata uang tertinggi di dunia urutan kedua adalah Dinar Bahrain. Satu Dinar Bahrain setara dengan 2,66 Dollar Amerika Serikat atau 39.597,24 Rupiah. 

Negara yang beribukota di Mana-mana ini perekonomiannya juga sangat baik terutama dalam sektor minyak dan gas. Nilai ekspor minyak yang tinggi membuat mata uang BHD (Dinar Bahrain) semakin bernilai kuat.

Rial Oman

Mata uang denga nilai tukar tinggi selanjutnya masih berasal dari negara Timur Tengah yaitu Rial Oman yang merupakan mata uang resmi negara Oman. Jika dikonversi ke Dollar AS nilainya 2,60 US$ dan jika dikonversi ke rupiah nilainya Rp38.773,43

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Forbes Advisor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x