Lawan Resesi, Luhut Imbau Masyarakat Tanam Kebutuhan Pangan

- 12 Oktober 2022, 15:46 WIB
Ilustrasi - Lawan Resesi, Luhut Imbau Masyarakat Tanam Kebutuhan Pangan
Ilustrasi - Lawan Resesi, Luhut Imbau Masyarakat Tanam Kebutuhan Pangan /PMJ News/

KILAS KLATEN - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan himbau masyarakat untuk menenam kebutuhan pangan dalam menghadapi ancaman resesi.

Luhut mengatakan, penanaman kebutuhan pangan tersebut dapat berupa kebutuhan dasar seperti, cabai dan bawang. Selanjutnya, ia juga menyampaikan kebutuhan dasar yang ditanam tersebut dapat di konsumsi guna menekan laju inflasi.

Selain itu, imbauan tanam kebutuhan pangan tersebut merupakan salah satu cara dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi dunia pada 2023.

"Ya seperti perang rakyat semesta kalau istilah tentara. Seperti saya, di rumah meski di Kuningan (Jakarta), tetap menanm cabai, bawang, paling tidak buat kebutuhan kami dan cucu," ujarnya.

"Jadi kalau kita semua lakukan itu, kita tidak akan kekurangan. Paling tidak, ada beberapa basic need yang kita butuhkan," ucap Luhut.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut juga menyampaikan bahwa Presiden Koko Widodo mtelah meminta untuk melakukan stress test guna mengidentifikasi risiko serta langkah dalam menghadapi resesi global 2023.

"Dicek, kalau ada skenario begini, skenario begini, apa yang terjadi, bagaimana ekonomi kita masih bisa tidak," ujarnya.

Baca Juga: Ancaman Krisis Pangan 2023 Semakin Nyata, Sri Mulyani Sampaikan Hal Ini

Kondisi dunia saat itu nantinya dapat saja mengarah pada kondisi the perfect strom. Kini Indonesia telah bersiap menghadapi kondisi terburuk dan harus berhati-hati.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x