Smart Contract: Pengertian Serta Cara Kerjanya pada Blockchain

- 20 Oktober 2022, 11:00 WIB
Smart Contract: Pengertian Serta Cara Kerjanya Pada Blockchain
Smart Contract: Pengertian Serta Cara Kerjanya Pada Blockchain /foto: Reuters/Ilustrasi/DADO RUVIC/

KILAS KLATEN - Bagi pemain crypto terutama yang kenal Ethereum pastinya sudah tak asing dengan smart contract yang sangat berguna untuk sebuah aset.

Sistem blockchain yang satu ini mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, namun pada dasarnya blockchain merupakan sebuah database informasi yang tersimpan dalam jaringan komputer.

Sistem tersebut menggunakan desentralisasi yang artinya terdapat satu entitas dalam menyimpan semua jenis data yang tidak dapat dilakukan perubahan secara sepihak, data tersebut berbentuk sebuah node yang nantinya didistribusikan ke dalam berbagai jaringan.

Mengutip dari ethereum,ord (19/10/2022), smart contract merupakan blok bangunan fundamental yang terdapat pada aplikasi Ethereum di dalam sistem blockchain, sistem tersebut dapat mengubah sebuah kontrak tradisional menjadi paralel.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis dengan Cepat 2022

Singkatnya sistem smart contract ini berjalan secara otomatis dalam sebuah perjanjian transaksi antara pembeli dan penjual langsung dalam menggunakan kode pada blockchain sehingga terkontrol dan transparan.

Terlebih kode sudah terdesentralisasi dan terdistribusi pada jaringan sehingga bisa dilacak ketika terdapat transaksi dengan begitu mudahnya.

Jika Anda masih bingung dengan cara kerja smart contract, ilustrasi ini dapat menggambarkan betapa pentingnya sistem tersebut dalam sebuah aset.

Terdapat dua orang yang ingin melakukan transaksi jual beli rumah, setelah itu keduanya membuat perjanjian di dalam blockchain.

Perjanjian ini akan terlihat ketika pembeli membayar pada penjual sebanyak 300 Ether, Ether merupakan satuan dari koin Ethereum, maka dalam kasus ini pembeli akan menerima kepemilikan atas rumah yang telah dibayarkan.

Halaman:

Editor: Masruro


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x