Bappenas Sebut Kunci Keberhasilan Tranformasi Ekonomi ada di Reindustrilialisasi

- 21 November 2022, 21:25 WIB
Bappenas Sebut Kunci Keberhasilan Tranformasi Ekonomi ada di Reindustrilialisasi
Bappenas Sebut Kunci Keberhasilan Tranformasi Ekonomi ada di Reindustrilialisasi /

KILAS KLATEN - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan reindustrialisasi akan menjadi kunci penting transformasi ekonomi Indonesia.

Pernyataan Menteri Suharso ini disampaikan dalam pertemuan Indonesia Development Forum dengan beragam audiens yang berasal dari berbagai kelompok kepentingan seperti akademisi, praktisi, dan perwakilan kementrian atau lembaga.

Pertemuan ini membahas serta menggendakan peta dan arencana yang akan dilakukan oleh pihaknya dalam upaya membangun reindustrialisasi yang mengarah pada transformasi sosial dan ekonomi.

Kementrian Bappenas akan menerapkan skema 4i yaitu inspire, imagine, innovate dan initiate.

Menteri Suharso juga menyampaikan bahwa perekonomian Indonesia harus bertransformasi agar negra ini melapskan gelarnya sebagai negara berkembang dan berubah menjadi negara maju.

Baca Juga: Anggota Komisi VII DPR RI, Lamhot Sinaga: Pembangunan Smelter Morowali Berikan Dampak Pertumbuhan Ekonomi

Tentu hal ini selain pihak produsen yang harus berbenah, karena konsumen pun sudah semakin pandai dalam menentukan pilihan yang akan dibeli.

Produsen harus lebih inovatif lagi dalam meluncurkan sebuah produk bukan hanya bernilai tapi bermanfaat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Industrialisasi ke depan harus menjawab kebutuhan lifestyle baru, yang sustainable, smart, and functional. Konsumen konsumen kita semakin pandai, semakin smart, maunya affordable dan canggih, dengan demikian, juga model-model bisnis akan berubah dan demikian juga cara pembiayaan juga berubah,” ujar Menteri Suharso.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah