Cerita Sukses UMKM Sumenep Ekspor 200 Ton Daun Kelor Kering Ke Negara Tiongkok

- 30 November 2022, 19:30 WIB
Cerita Sukses UMKM Sumenep Ekspor 200 Ton Daun Kelor Kering Ke Negara Tiongkok
Cerita Sukses UMKM Sumenep Ekspor 200 Ton Daun Kelor Kering Ke Negara Tiongkok /Pixabay/svibhandik/

KILAS KLATEN - UMKM asal Sumenep, PT Sumekar Bangun Persada berhasil mengekspor daun kelor kering dengan negara tujuan Tiongkok.

Pengiriman ke Tiongkok ini dilakukan pertama kali pada bulan Juli lalu dan pengiriman selanjutnya dilakukan secara bertahap.

Yakni yang pertama sebanyak 22 ton, lalu tahap kedua sebanyak 66 ton, dan tahap berikutnya sebanyak 100 ton akan dikirim pada tahun 2023 mendatang.

Bahkan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengapresiasi pelepasan ekspor tersebut dan beliau hadir di acara pelepasan ekspor daun kelor kering di Sumenep.

“Kami sangat bangga dan mengapresiasi usaha UMKM di Kabupaten Sumenep mulai bangkit  pasca Pandemi Covid-19,” kata Bupati Fauzi.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat dan Khasiat dari Kandungan Daun Kelor untuk Kesehatan?

Daun kelor sering dijuluki sebagai ‘daun ajaib’  dengan nama latinnya ialah Moringa oleifera yang memiliki segudang kandungan nutrisi seperti protein, aneka vitamin, zat besi, dan juga zinc.

Seperti yang diketahui tanaman kelor berasal  dari suku moringaceae yang memiliki cirri khas daun berbentuk telur bulat, berwarna hijau tua dengan tepian daun rata dan memiliki rasa yang netral.

Di Indonesia sendiri kelor mampu tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki iklim tipe A seperti Riau dan Sumatera Barat, dan iklim tipe E seperti diwilayah NTB dan NTT.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: @djpen.kemendag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x