Kemenkop UKM Dorong HexahelixBerkolaborasi dengan UMKM Agar Terlibat dalam Supply Chain Global

- 9 Desember 2022, 20:30 WIB
Kemenkop UKM Dorong HexahelixBerkolaborasi dengan UMKM Agar Terlibat dalam Supply Chain Global
Kemenkop UKM Dorong HexahelixBerkolaborasi dengan UMKM Agar Terlibat dalam Supply Chain Global /Antara

KILAS KLATEN - Kementrian Koperasi dan UKM Indonesia mendorong kolaborasi UMKM dengan hexahelix dalam memberdayakan UMKM menjadi naik kelas.

Melansir dari Antara, Kemenkop UKM menginginkan UMKM  diberikan kesempatan menciptakan produk-produk yang berkualitas di pasar Internasional dan menjadi bagian dalam rantai pasok perusahaan besar.

Pihaknya juga menginginkan lembaga dan stake holder terkait untuk melakukan kerja sama yang meliputi pembinaan dan pengawasan kepada UMKM dalam menciptakan produk baru yang unggul dan berkualitas.

“ Maka dari itu perlu dilakukan pembinaan UMKM dan bantuan uji coba membuat prototype oleh Kementrian atau lembaga teknis dan perguruan tinggi serta pendampingan sertifikasi, pembiayaan, dan desain produk.” ,” Ucap Deputi Bidang UKM KemenkopUKM Hanung Harimba

Kerja sama antara pihak-pihak terkait diantara ada enam unsur yang dapat saling berkolaborasi dalam membangun UMKM yang naik kelas.

Baca Juga: Kemenkop UKM Dorong Integrasi UMKM di Forum Kemitraan UKM/IKM BUMN dan Perusahaan Besar

Diantara ada pemerintah, perguruan tinggi, pengusaha, komunitas, media, dan perbankan.

Semuanya akan membantu UMKM sesuai tugas dan peranan dengan fungsinya masing-masing.

“ Hubungan kemitraan ke depan dapat membentuk dan memperkuat ekosistem hexahelix rantai pasok yaitu pemerintah, perguruan tinggi, pengusaha, komunitas, media, dan perbankan,” Ucap Deputi Bidang UKM KemenkopUKM Hanung Harimba.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x