Roblox Memangkas 30 Orang Dalam Tim Akuisisi Talenta Seiring Dengan Melambatnya Perekrutan

- 22 September 2023, 17:36 WIB
Game Roblox akan hadir di konsol PlayStation
Game Roblox akan hadir di konsol PlayStation /Dok. Roblox Corporation/

Kilas Klaten – Roblox, platform game yang berfokus pada komunitas yang populer di kalangan anak-anak, telah merampingkan sebagian besar tim akuisisi bakatnya, menandakan pergeseran fokus perusahaan dari ekspansi ke keuntungan.

 

Dalam sebuah pernyataan kepada TechCrunch, Roblox mengonfirmasi bahwa sekitar 30 karyawan dalam organisasi akuisisi bakatnya telah diberhentikan pada hari Senin. Tidak ada tim lain yang terkena dampaknya.

"Target pertumbuhan agresif yang dijalankan Roblox dalam beberapa tahun terakhir membutuhkan investasi yang lebih besar dalam organisasi TA kami," kata juru bicara Roblox.

Baca Juga: Roblox Akan Hadir di PlayStation pada Tanggal 10 Oktober

"Dengan komitmen kami untuk mendapatkan pertumbuhan kompensasi tunai kami sejalan dengan pertumbuhan pemesanan kami pada akhir Q1 2024, kami sekarang membutuhkan organisasi Akuisisi Bakat yang lebih kecil untuk memenuhi kebutuhan perekrutan yang telah disesuaikan. Tindakan ini merupakan hasil dari pengurangan target perekrutan agar lebih selaras dengan tujuan pertumbuhan kami."

Ada beberapa petunjuk bahwa perlambatan perekrutan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memangkas biaya. Seperti yang disampaikan oleh kepala keuangan Roblox, Michael Guthrie dalam panggilan telepon pendapatan Q2 baru-baru ini.

“Kami akan melihat pengaruh terhadap hampir semua area biaya selama 12 bulan ke depan. Kami pikir kami akan melihat sedikit pengaruh pada harga pokok penjualan karena kami telah memperlambat perekrutan, pengaruh terhadap biaya kompensasi kami karena infra, kepercayaan, dan keamanan.”

Perusahaan ini telah mengalami periode pertumbuhan yang cerah dalam beberapa tahun terakhir, hampir tiga kali lipat pengguna aktif hariannya dari Q1 2020 menjadi 66 juta di awal tahun ini. Seiring dengan pertumbuhan bisnisnya, perusahaan ini mengeluarkan lebih banyak biaya untuk memberikan kompensasi kepada para pengembang.

Baca Juga: Roblox Perkenalkan Fitur Chatbot AI Baru untuk Bantu Bangun Dunia Virtual

Biaya pertukaran pengembang, yang terdiri dari jumlah yang dibayarkan Roblox kepada kreator yang mencairkan mata uang dalam game yang diperoleh, mencapai $ 348 juta dalam enam bulan pertama yang berakhir pada Juni 2023, dibandingkan dengan $ 290 juta setahun sebelumnya.

Meskipun ada pertumbuhan jumlah pengguna dan jam yang dihabiskan di platform, pengguna tidak menghabiskan lebih banyak uang. Pemesanan rata-rata per DAU dari kuartal kedua adalah $ 11,92, turun 3% dari tahun ke tahun. Roblox tetap tidak menguntungkan, membukukan kerugian bersih sebesar $ 282,8 juta pada Q2 2023, naik dari $ 176,4 juta pada tahun sebelumnya.

Operasi Roblox di China, perusahaan patungan yang didirikannya dengan Tencent pada tahun 2019, tampaknya tidak terpengaruh oleh putaran PHK ini.***

 

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Techcrunch


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x