Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Serta Kemungkinan Terburuk Jika Resesi Ekonomi dan Krisis Pangan 2023 Terjadi

- 7 November 2022, 22:15 WIB
Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Serta Kemungkinan Terburuk Jika Resesi Ekonomi dan Krisis Pangan 2023 Terjadi
Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Serta Kemungkinan Terburuk Jika Resesi Ekonomi dan Krisis Pangan 2023 Terjadi /Freepik/

KILAS KLATEN -  Prediksi akan terjadinya resesi dan krisis pangan di berbagai negara di belahan dunia akhir-akhir ini ramai sekali diberitakan di media, meskipun hal tersebut masih prediksi baiknya kita persiapkan dan selalu waspada.

Isu resesi ini tidak terjadi di negara Indonesia saja, bahkan negar-negara besar seperti Amerika Serikat, Cina, Korea, dan Negara di Eropa, dan bahkan banyak pemimpin negara yang sudah memberikan statement peringatan agar warganya lebih bijak dalam hal finansial.

Berikut ada beberapa hal yang bisa rekan-rekan persiapkan apabila di tahun 2023 resesi ekonomi dan krisis pangan di dunia benar terjadi.

Baca Juga: Ditengah Bayang-bayang Resesi, Menaker Akui Pengangguran Turun Sejak Pandemi

1. Evaluasi keuangan , yang dievaluasi adalah segala jenis pemasukan dan pengeluaran harus benar-benar kita perhatikan. Pikir -pikirlah kembali dalam menggunakan uang, utakamakan pengeluaran yang bersifat kebutuhan bukan keinginan.

2. Pastikan punya dana darurat, tetntu kita belum tahu akan seperti apa kemungkinan buruk yang terjadi di tahun 2023, seberapa parahnya ekonomi, naiknya angka inflasi, dll.

Yang perlu kita persiapkan adalah dana darurat, karena resesi ekonomi punya efek domino yang besar, termasuk pada hal dunia ketenagakerjaan, kenaikan harga bahan pokok, fasilitas kesehatan, dan hal-hal lainnya.

3. Pikirkan lagi jika hendak mengambil pinjaman ke bank.

Menurunnya daya beli masyarakat, serta peputaran uang yang lemah adalah yang dikhawtirkan oleh pengusaha dan lembaga keuangan. Belum lagi apabila bank akhirnya membuat kebijakan naiknya suku bunga pinjaman disaat situasi sulit.

Baca Juga: Dampak Resesi ke Indonesia Cukup Buruk, 3 Hal Ini Wajib Disiapkan dari Sekarang

Halaman:

Editor: Masruro

Sumber: YouTube Ngomongin Uang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x