Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Klaten Digelar Terbuka, KPU Harap Peserta Menerima Hasil

- 29 Februari 2024, 16:39 WIB
Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Klaten Digelar Terbuka, KPU Harap Peserta Menerima Hasil
Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 Klaten Digelar Terbuka, KPU Harap Peserta Menerima Hasil /kominfo/klt/

KILAS KLATEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten menyelenggarakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024. Acara ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 28 hingga 29 Februari 2024, bertempat di Aula KPU Klaten.

Rapat pleno terbuka ini dihadiri oleh Forkopimda, anggota KPU dan Bawaslu, saksi capres-cawapres dan partai politik, anggota PPK, serta masyarakat umum.

Ketua KPU Klaten, Primus Supriyono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat pleno ini merupakan tindak lanjut dari pemungutan dan penghitungan suara serentak yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca Juga: Perwakilan Tim PKK Desa Merbung Klaten Berhasil Juarai Final Lomba Duta Keluarga

Sebelumnya, penghitungan suara telah dilakukan di tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari tanggal 17 hingga 23 Februari 2024.

"Dari 4.198 TPS di Klaten, tidak ada satupun yang melaksanakan pemungutan suara ulang. Hal ini merupakan prestasi bagi Kabupaten Klaten," terang Primus.

Primus juga memaparkan bahwa berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT), tingkat partisipasi pemilih mencapai 87,14%, di atas target nasional. Tingkat kehadiran pemilih pun terbilang tinggi, yaitu 87,89%.

"Tingkat kesadaran masyarakat Klaten dalam menentukan hak pilih dan masa depan bangsa cukup tinggi," jelas Primus.

Lebih lanjut, Primus menjelaskan bahwa KPU Klaten akan menggunakan Sistem Rekapitulasi Pemilu (Sirekap) sebagai alat bantu rekapitulasi suara Pemilu 2024 selama rapat pleno berlangsung.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: klatenkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah