Mau Sukses? Pahami Financial Planning dan Caranya Bagi Pemula

- 22 Oktober 2022, 22:15 WIB
Ilustrasi. Mau Sukses ? Pahami Financial Planning dan Caranya Bagi Pemula
Ilustrasi. Mau Sukses ? Pahami Financial Planning dan Caranya Bagi Pemula /Pexels/Ahsanjaya/

KILAS KLATEN – Tak bisa dipungkiri bahwa financial planning merupakan hal yang penting bagi setiap orang terlebih Anda yang hanya punya satu penghasilan saja.

Pengaruh media sosial bisa menjadikan dua sisi, dimana terdapat orang yang membagikan gemerlap kemewahan, namun juga banyak orang yang memberikan informasi salah satunya financial planning.

Lantas apa itu financial planning dan kenapa hal ini penting untuk diterapkan dikehidupan. Simak lebih lanjut.

Menurut Financial Planning Standards Board Indonesia, perencanaan keuangan atau financial planning merupakan sebuah proses yang dilakukan guna mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terencana.

Baca Juga: Google: Perintah Antimonopoli Adalah 'Kemunduran Besar' Bagi Konsumen dan Bisnis, Membuka 'Resiko Keamanan'

Dalam tujuan hidup tiap orang berbeda-beda, namun kesamaannya adalah ingin menyiapkan financial freedom di masa depan atau di hari tua.

Penerapan perencaan keuangan ini sangat penting karena mengarahkan tujuan tercapainya seseorang, adanya perencanaan keuangan yang jelas Anda bisa memperkirakan semuanya kedepan.

Jika Anda seorang pemula yang belum tahu bagaimana cara memulainya, berikut langkah-langkahnya.

Tentukan Anggaran Pengeluaran

Pertama-tama, Anda harus catat semua pendapatan yang diterima setiap bulan. Hal ini wajib dilakukan untuk memudahkan rencana bulanan, Seperti untuk makan Rp1.200.000. cicilan Rp 2.000.000 dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Masruro


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah