BI Dukung IFEMC Terbitkan Market Code of Conduct Edisi 4

- 2 Maret 2023, 11:47 WIB
Ilustrasi logo BI, BI Dukung IFEMC Terbitkan Market Code Of Conduct Edisi 4
Ilustrasi logo BI, BI Dukung IFEMC Terbitkan Market Code Of Conduct Edisi 4 /Antara

KILAS KLATEN - Penerbitan Market Code of Conduct  (MCoc) edisi 4 sebagai pedoman kode etik pelaku pasar dalam bertransaksi di pasar keuangan, Indonesia yang adaptif dengan dinamika terkini.

Oleh karena itu Indonesia Foreign Exchange Market Committee (IFEMC) mendapatkan dukungan dari Bank Indonesia dalam penerbitan tersebut.

Direktur Departemen Komunikasi BI Fadjar Majardi dalam keterangan resmi di Jakarta, rabu, 1 Maret 2023 mengatakan bahwa upaya ini sejalan dengan komitmen Bank Indonesia untuk mendorong penguatan integritas pelaku pasar sebagaimana tertuang pada visi ke-2 Blueprint Pengembangan Pasar Uang 2025.

Fadjar menekankan pentingnya integritas pelaku pasar selaras dengan keberadaannya sebagai salah satu komponen prioritas dalam pengembangan ekosistem pasar keuangan, yaitu produk, pelaku, pricing, dan infrastruktur.

Market Code of Conduct senantiasa diperbaharui dengan mengadopsi praktik terbaik (best practice) panduan pasar keuangan global terkini.

Baca Juga: Menarik Ditunggu, BI Canangkan Rupiah Digital, Seperti Apa Bentuknya?

Panduan tersebut terdiri dari FX Global Code edisi Juli 2021 yang diterbitkan oleh Global Foreign Exchange Committee (GFXC), Competition/Antitrust Law Guidelines for Members of the GFXC, dan ACI FMA Handbook edisi 2022 yang diterbitkan oleh ACI FMA International.

Dari sisi regulasi, Bank Indonesia juga mendukung penguatan integritas pelaku pasar melalui penerbitan Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 24/9/PADG/2022 tentang Penerapan Kode Etik Pasar dan Pelaksanaan Sertifikasi Tresuri.

Selama beberapa tahun terakhir, komitmen pelaku pasar untuk menerapkan kode etik tersebut tercermin dari peningkatan jumlah pelaku pasar yang menyampaikan publikasi surat pernyataan komitmen terhadap kode etik pasar.

Sampai dengan saat ini tercatat sebanyak 105 pelaku pasar yang secara sukarela menandatangani surat pernyataan komitmen terhadap kode etik pasar.

Bank Indonesia akan terus mendorong partisipasi aktif pelaku pasar dalam rangka mewujudkan pasar uang yang terintegrasi, modern, dan efisien untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.***

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x