Akibat Tingginya Upah Buruh, Beberapa Pabrik Terpaksa Hengkang dari Banten

- 14 November 2022, 09:53 WIB
Akibat Tingginya Upah Buruh, Beberapa Pabrik Terpaksa Hengkang Dari Banten
Akibat Tingginya Upah Buruh, Beberapa Pabrik Terpaksa Hengkang Dari Banten /pixabay

KILAS KLATEN - Beberapa perusahaan terpaksa hengkang dari Banten akibat upah buruh di Indonesia semakin tinggi.

Ini terlihat dari tiga perusahaan yang berada di Serang, Banten, disebut akan merelokasi pabriknya ke beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng) tahun 2023..

Septo Kalnadi sebagai Kepala Disnakertrans Banten menyatakan bahwa ada tiga perusahaan yang sudah siap keluar dari kawasan tersebut diantaranya PT Nikomas Gemilang, PT KMK Global Sport dan PT Parkland World Indonesia (PWI).

Septo juga mengatakan untuk PT Nikomas Gemilang akan memindahkan pabriknya ke Pekalongan, sementara itu PT KMK Global Sport akan pindah ke Salatiga dan Temanggung, terakhir PT PWI 1 dan 2 pindah ke Pati.

Baca Juga: Jika Upah Minimum 2023 Naik Diatas 8 persen, Pengusaha Akan Melakukan PHK?

Nikomas ke Pekalongan, KMK ke Salatiga sama Temanggung, PWI 1 sama 2 di Pati. Industri besar, padat karya. Nikomas aja sekarang 54 ribu (karyawan) di dalam, kalau sudah hengkang kita enggak tahu disisakan berapa (pegawai) disini,” kata Septo, Kamis 10 November 2022.

Ia menyebutkan bahwa hengkangnya ketiga perusahaan ini berpotensi menambah angka pengangguran yang ada di Banten. 

Pasalnya, relokasi tak hanya berdampak pada PHK pekerja melainkan efek domino lain yang dirasakan masyarakat di sekitar perusahaan tersebut.

Pengusaha memperingatkan perlahan tapi pasti seluruh pabrik yang ada di Banten bakal setop operasi dan pindah ke wilayah lain, salah satunya yaitu Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x