Menjelang Ramadhan Perajin Jajanan Emping Melinjo di Magetan Ramai Pesanan

- 16 Maret 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi keripik.
Ilustrasi keripik. /LayarBerita/Reza

KILAS KLATEN - Menjelang bulan Ramadhan 1444 Hijriah. Perajin jajanan emping melinjo di Desa Baron, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur mulai ramai pesanan pembelian.

Salah satu perajin emping melinjo di daerah setempat bernama Mbah Warsiyem usia 65 tahun mengatakan menjelang bulan puasa sejumlah pembeli banyak mendatangi langsung rumahnya untuk memesan emping melinjo.

"Saat hari biasa, kita menitipkan dagangan di pengepul. Tetapi jelang bulan puasa saat seperti ini pembeli datang sendiri ke rumah untuk memesan," ujar Warsiyem di Magetan, Senin 13 Maret 2023.

Pembeli yang mendatangi rumahnya, bukan hanya konsumen yang beli untuk dinikmati sendiri, melainkan ada juga yang penjual. Membeli emping melinjo untuk dijual lagi sebagai persiapan ramadhan dan sajian dikala lebaran.

Untuk jenis emping melinjo biasa di pasaran laku dengan harga Rp65.000. Sedangkan untuk emping melinjo jenis super, menurut Mbah Warsiyem bisa mencapai harga Rp70.000 per kilogram. Warsiyem yang dibantu oleh suaminya dalam sehari mampu menghasilkan 5 kilogram emping melinjo.

"Saat ini, sekilo emping olahan kami dibeli pedagang Rp65.000 per kilogram. Biasanya menjelang lebaran bisa mencapai Rp80.000," ujarnya.

Baca Juga: Dorong Pemulihan Perekonomian, Bank Jateng Resmikan 2 Kantor Baru di Wonosobo

Untuk menghasilkan emping melinjo super dibutuhkan ketelatenan yang lebih dan harga emping melinjo super lebih tinggi. Warsiyem mengaku lebih memilih membuat emping melinjo yang biasa saja.

Halaman:

Editor: Fajar Sidik Nur Cahyo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x